Kamis, 28 Januari 2010

Kesabaran adalah Kekuatan


oleh : Mahiruddin Siregar

Sabar artinya tetap konsisten berusaha,secara ulet, tekun dan tabah, untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan semula. Ikhlas dalam menghadapi semua masalah, dan mencoba untuk mencapai jalan keluar, sehingga hasilnya akan memberikan kepuasan dan kebanggaan.

Orang sabar tak mudah putus asa dan menyerah, tak cepat berubah pikiran, tak cepat ganti haluan, demi tujuan sejenak melalui jalan pintas.

Apakah kesabaran sama dengan kepasrahan dan keterpaksaan menerima nasib apa adanya ? Tidak. Anggapan itu jelas salah kaprah.

Tetapi adalah suatu kejujuran untuk mengakui dan menerima dengan ikhlas jika kita mengalami suatu kegagalan, dan orang sabar akan selalu berusaha untuk memperbaiki hal-hal yang membuat terjadinya kegagalan.

Apakah orang sabar tidak suka perubahan ?
Tidak. Orang sabar selalu berusaha untuk melakukan perubahan, karena demi penyempurnaan maka perubahan menjadi suatu keniscayaan.

Tetapi orang sabar tidak akan cepat berubah-ubah pikiran tanpa perhitungan dan pendalaman yang matang.

Sejarah telah membuktikan bahwa dalam setiap kompetisi, apakah itu dalam pertandingan olah raga atau dalam kehidupan yang lain, siapa yang lebih sabar akan keluar sebagai pemenang.

Jadi jelaslah bahwa kesabaran adalah kekuatan.

"Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar" (Al-Ayah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar