Selasa, 14 Juli 2009

Nyiur Melambai Punya Potensi Besar

Oleh : Mahiruddin Siregar

(Gbr kebun kelapa, image search yahoo.com, www.flickr.com/
photos/duyzdinge/3292322849/ )

Negeri kita ini dikenal sebagai negeri pulau kelapa, yang amat subur sejak dulu kala. Itu bukan hanya dalam lagu, tetapi memang kenyataan, tengoklah sepanjang pantai, anda akan melihat nyiur melambai, yang tumbuh subur tanpa ditanam oleh tangan manusia, tetapi deburan ombak samudera lah yang berbaik hati menanamnya, kemudian manfaatnya dinikmati oleh manusia.

Jika manusia kreatif Indonesia mau menanam kelapa disepanjang pantai-pantai yang belum terjamah, maka dapat dibayangkan betapa luasnya kebun kelapa baru yang dapat dimanfaatkan untuk menambah devisa negara.

Sebagaimana aren, kelapa juga merupakan tanaman serba guna. Yang paling komersial selama ini adalah hasil kopra untuk diolah menjadi minyak goreng. Setelah ditemukannya sawit sebagai bahan minyak goreng yang lebih
menguntungkan, maka kopra mulai ditinggalkan. Tetapi dibeberapa daerah di Sulawesi, kopra masih tetap dikembangkan, dan ternyata masih cukup laku, apalagi kedepan hasil cpo kelapa sawit akan semakin banyak terbagi untuk keperluan bio-solar, maka kopra akan lebih banyak dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat.

Seperti halnya nira aren, tentunya nira kelapa juga dapat diolah menjadi bahan bakar bio-ethanol, sehingga kebutuhan akan kelapa semakin tinggi, dengan demikian dalam 5 atau 10 tahun kedepan satu lagi mimpi Indonesia akan terwujud lewat budi daya pohon kelapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar