Minggu, 02 Agustus 2009

Tanggulangi Bahaya Abrasi Jakarta

Pantai Utara Jakarta Sulit Ditanami Mangrove


altHutan Mangrove harus ditanami di Pantai Utara Jakarta sepanjang 15 kilometer guna antisipasi abrasi pantai dari gelombang laut. Namun, hal baru dapat dilakukan 3 kilometer lantaran sepanjang pantai digunakan sebagai pelabuhan, hotel, dan taman hiburan.


Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup (KPLH) Jakarta Utara Hotman Silaen, menyatakan hutan mangrove harus dimiliki Jakarta sepanjang 15 kilometer pantai utara. Langkah ini bisa mengatasi abrasi (pengikisan) pantai dari gelombang laut.

Namun, hutan mangrove tidak dapat di sepanjang pantai utara Jakarta. Pasalnya, banyak sepanjang pantai digunakan sebagai pelabuhan, hotel, dan taman hiburan.

Sekarang mangrove hanya dapat di tanam di sepanjang tiga kilometer di pantai utara Jakarta. Angka ini 10% dari 32 kilometer dari garis pantai Jakarta

Sebanyak 40 hektar di kawasan Angke-Kapuk, ujar Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup daerah (BPLHD) DKI Jakarta Peni Susanti, akan ditanami bakau. Sekitar 296,7 hektar hutan mangrove menjadi sabuk hijau di pantai utara kawasan Angke-Kapuk.

Sejumlah kawasan sebagai bagian sabuk hijau adalah Hutan Lindung Angke Kapuk seluas 44,76 hektar dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk seluas 99,82 hektar, Kebun Bibit Angke Kapuk seluas 10,51 hektar, Suaka Marga Satwa Muara Angke seluas 25,02 hektar, dan Transmisi PLN seluas 23,7 hektar. Begitupula Cengkareng Drain seluas 28,39 hektar, Jalan Tol Sedyatmo dan Jalur Hijau seluas 95,50 hektar, serta Ecomarine Tourism Muara Angke seluas 7 hektar.

Kokasih Wirahadikusumah, manajer Komunikasi dan Hubungan Media PT Kapuk Naga Indah (KNI), menyatakan kawasan sabuk hijau dilakukan perusahaan tersebut. Sebanyak 17,8 hektar dilakukan perusahaan tersebut.

Tanggul akan dibangun KNI sebelum penghijauan kawasan sabuk hijau. Hal ini dilakukan supaya bahan bakau tidak mati akibat gelombang laut. Mochamad Ade Maulidin ( ademaulidin@wartaekonomi.comAlamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar